Sunday, June 12, 2011

'Semarangan' dari Semarang?

| | 0 comments
Kali ini aku bakal cerita tentang pengalamanku nendang bola waktu kecil dulu. Siapa yang tahu tentang 'Semarangan'? Atau mungkin pernah main 'Semarangan'? Yang jelas ini bukan bicara soal kota Semarang :p

Dulu aku sering sekali bermain 'Semarangan' dengan kawan-kawan. Setiap sore hari di Lapangan Mini Ngemplak, lapangan sepak bola di kampung halamanku, baik cuaca panas maupun hujan. Seperti apakah sebenarnya 'Semarangan' itu?

Sekuat kaki saya menendang bola dan sejauh saya mengenal sepak bola, yang namanya 'Semarangan' itu permainan bola sepak yang dimainkan dengan cukup 1 gawang. Biasanya dimainkan oleh sedikit orang dengan salah satunya menjadi kiper dan nantinya bergantian. 'Semarangan' biasanya aku mainkan dengan kawan-kawan sembari menunggu kawan-kawanku yang lain datang ke lapangan. Itu mungkin sebabnya kenapa 'Semarangan' lebih sering dimainkan oleh sedikit orang.

Untuk cara mainnya, awalnya bola dilempar / ditendang ke atas dan siapa yang berhasil memasukkan ke gawang terlebih dulu maka dia yang jadi kiper untuk yang pertama. Nah, nantinya juga siapa yang bisa mencetak gol akan menjadi kiper. Semakin banyak mencetak gol, semakin banyak pula dia menjadi kiper. Biasanya aku dan kawan-kawan bersaing banyak-banyakan nyetak gol. Oh iya, permainan ini dimainkan dengan perorangan, maksudnya satu sama lain saling bertanding untuk mencetak gol masing-masing. Tapi kadang, aku dan kawan-kawan memodifikasi 'Semarangan' ini menjadi seperti permainan 3 on 3 di bola basket. 

Untuk aturan permainannya juga tidak ada aturan yang baku atau bisa dibilang permainan yang sembarang. Sembarang dalam arti tidak ada ukuran lapangan yang baku dan juga cara mainnya juga bebas. Mau curang mau kasar, yang penting semua senang. Bukankah nendang bola itu untuk kesenangan? :p Apalagi aku dan kawan-kawanku yang dulu masih kecil, bisa nendang bola dan bercanda bersama saling berebut bola saja sudah suatu kesenangan yang tak ada batasnya, dan tak melulu soal UANG!

Itu mungkin awalnya 'Semarangan' berasal dari kata 'Sembarangan' atau mungkinkah juga 'Semarangan' itu asalnya dari Semarang?

0 comments:

Post a Comment